Senin, 05 November 2012

Messi Rekor


Leo Messi, del Barcelona, marcado por tres hombres del Rayo Vallecano
Areef  Images

CATATAN
Areef sinclair



Areef :Tak ada habisnya membahas satu nama striker mungil asal Argentina yang berkostum Barcelona: Lionel Messi. Rekor demi rekor terus diraih pemain yang dijuluki La Pulga atau "Si Kutu" seolah tidak pernah putus. Baru kemarin, Senin (28/10) waktu setempat, total 50 gol Messi di musim lalu diganjar dengan sebuah trofi bergengsi di level individu, Golden Shoe.

Tapi, jangan harap melihat La Pulga puas dengan pencapaiannya tersebut. Sepasang gol di pertandingan saat Blaugrana melumat Rayo Vallecano menjadi bukti, pemain yang dulunya mengidap penyakit langka yang menyebabkan pertumbuhannya terhambat belum akan berhenti berprestasi. Messi menjadi aktor penting membawa The Catalans kokoh di puncak klasemen dengan status tak terkalahkan hingga jornada sembilan.

Ini jelas ironi buat sang seteru abadi, Real Madrid. Baru beberapa bulan silam dinobatkan sebagai juara La Liga, skuat yang diarsiteki Jose Mourinho harus melihat kenyataan mereka kini tertinggal delapan poin dari sang pemuncak klasemen.

Blaugrana kembali tampil memukau di akhir pekan kemarin, sempat kesulitan dengan rapatnya tembok pertahanan di Vallecas, Xavi Hernandez cs akhirnya menunjukkan kelas dengan mengantongi kemenangan kedelapan dari sembilan laga sekaligus menyamai catatan terbaik sebelumnya. Tim Tito Vilanova kini sudah selevel dengan Barca 'milik' Louis van Gaal di musim 1997/98 yang juga mengoleksi delapan kemenangan dan sekali imbang.

Di era Pep Guardiola saja, mereka tidak pernah mencatat start spektakuler semacam itu. Tapi, adan yang unik dengan pertemuan Barca versus Vallecano, setidaknya dari dua laga terakhir.

MESSI DALAM ANGKA 
6Messi mencetak enam assist, satu lebih sedikit dibanding Cesc Fabregas. Sementara Cristiano Ronaldo belum satu pun memberikan assist di musim ini.
17Messi telah mengemas 17 gol untuk Barca di musim 2012/13, hanya dari 14 laga.
44Dia adalah pemain pertama yang mencetak 44 gol dalam satu tahun kalendar, melampaui pencapaian 43 gol CR di tahun 2011.
73Messi mencetak 73 gol di tahun 2012, hanya kurang dua gol untuk menyamai rekor 75 milik Pele.
246Sebagian besar gol dicetak dengan kaki kiri; 42 gol dari kanan kanan, 12 sundulan, satu tangan dan satu melalui dada.
301Total, kapten Argentina ini telah mengukir 307 gol - 270 untuk Blaugrana dan sisanya, 31, untuk Albiceleste.
Blaugrana sukses menghantam Vallecano tujuh gol tanpa balas di ibu kota musim lalu. Itu adalah pertandingan di mana hanya dua hari sebelumnya seluruh fans Barcelona berlinang air mata dengan keputusan Guardiola meninggalkan Camp Nou dalam sebuah jumpa pers mengharukan.

Di saat bersamaan, raksasa Catalan ini juga mengumumkan Vilanova sebagai suksesor pelatih yang sukses mempersembahkan 14 gelar dalam empat musim. Entah kebetulan atau tidak, di laga melawan Vallecano--yang menjadi lawan pertama setelah pengumuman dirinya menjadi pelatih Barca--pelatih usia 44 tahun ini mencatat prestasi gemilang meski tuan rumah sempat menyulitkan awal laga.

David Villa yang akhirnya membuka keunggulan klub yang dibentuk sejak 112 tahun lalu, yang juga menjadi gol keempat buat El Guaje di musim ini atau yang pertama sebagai starter. Ini kabar baik untuk Blaugrana, juga untuk Cesc Fabregas yang memberikas assist.

Gelandang La Furia Roja ini mulai menunjukkan kemampuan terbaik menyusul kritik yang ditunjukkan kepadanya di awal musim dan ikut terlibat dalam pesta dengan mencetak gol penutup yang indah melalui sebuah tendangan voli usai menerima crossing Pedro Rodriguez.

Messi jelas tak ketinggalan dengan dua golnya, yang menjadi koleksi gol ke-300 dan 301 di level senior, di usia yang baru 25 tahun! Pelatih ternama macam Guardiola dan Alejandro Sabella mengatakan: hanya sedikit kata untuk bisa menggambarkan talenta yang dimilikinya.

Bahkan, seorang legenda Los Merengues seperti Guti dan Ivan Zamorano tidak gengsi memberikan pujian kepada ikon klub rival. Jika Guti 'menyesalkan' takdir yang mempertemukan La Pulga dengan Barca, dan bukan Madrid, Zamorane menganggap Messi sedikit di atas Cristiano Ronaldo.

Dan, dengan serangkaian rekor serta gelar yang sudah diraih di usia yang masih terbilang muda, Messi tetap merendah.

"Saya berterima kasih kepada keluarga, rekan setim dan semua yang ada di sekitar saya," ujar Messi setelah menerima penghargaan Golden Shoe. 

"Saya membagi penghargaan ini dengan mereka. Tanpa mereka, mustahil bisa memenangi ini. Ini penghargaan grup, ini yang selalu saya katakan. Tanpa rekan setim, saya tak bisa mencetak gol-gol ini," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar